Mengenal Beragam penyebab jet lag yang Mungkin Sering Anda Alami

Apa itu jet lag?

Jet lag adalah gangguan pada pola tidur atau aktivitas dan kemampuan untuk waspada dan berfungsi secara efektif. Ini disebabkan oleh perjalanan cepat melintasi zona waktu, yang menyebabkan sistem pengaturan waktu internal tubuh tidak selaras dengan isyarat waktu eksternal dari tujuan akhir, khususnya siklus terang-gelap (siang-malam) dan waktu jam lokal.

Image result for jet lag kesehatan

Apa yang menyebabkan jet lag?

Penyebab utama jet lag adalah perubahan mendadak dalam isyarat waktu lokal (misalnya matahari terbit, matahari terbenam, terang dan gelap) setelah penerbangan melintasi beberapa zona waktu. Jam sirkadian internal tubuh tidak dapat beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan yang begitu cepat. Diperlukan waktu sekitar satu hari untuk setiap zona waktu yang dilintasi untuk jam internal untuk menyelaraskan kembali dengan waktu setempat. Dengan demikian, selama beberapa hari, tergantung pada jumlah zona waktu yang dilewati, jam berada dalam ‘mode malam’ pada siang hari dan ‘mode hari’ pada malam hari. Kemampuan kita untuk tidur, tetap waspada, melakukan tugas yang berbeda dan mencerna makanan kita adalah yang terbaik ketika jam internal disesuaikan dengan waktu setempat. Misalnya, tidur paling baik diambil ketika jam internal dalam ‘mode malam’. Diperkirakan bahwa ketidakmampuan kita untuk secara cepat beradaptasi dengan zona waktu baru dapat dikaitkan dengan hormon melatonin, yang dilepaskan dalam kadar tinggi pada malam hari ketika kita tidur dan kadar yang lebih rendah pada siang hari.

Apa saja tanda dan gejala jet lag?

Jet lag biasanya dialami sebagai masalah tidur selama beberapa hari setelah penerbangan panjang. Bepergian ke barat, kita akan cenderung bangun lebih awal setelah tidur singkat. Bepergian ke arah timur, kami mungkin mengalami masalah untuk tidur pada waktu ‘normal’ di zona waktu tujuan kami. Jika kita belum tidur dalam penerbangan, kita akan kurang tidur dan malam pertama kita bisa tidur nyenyak ketika tubuh kita mengejar tidurnya. Namun, ritme kantuk, kewaspadaan, suhu tubuh, hormon melatonin dan banyak ritme lain yang diatur oleh jam sirkadian internal belum akan disesuaikan dengan waktu setempat. Ini berarti kita mungkin merasa mengantuk, kedinginan, dan ‘di bawah par’ selama siang hari berikutnya dan memiliki masalah tidur malam berikutnya di zona waktu tujuan.

Bagaimana jet lag didiagnosis?

Jet lag bukan penyakit; itu adalah kondisi sementara dan sepenuhnya dapat dibalik. Namun, itu adalah bentuk (sementara) gangguan ritme sirkadian dan, dengan demikian, masalah tidur persisten dapat didiagnosis dengan cara yang sama seperti gangguan ini (lihat artikel tentang gangguan tidur ritme sirkadian).

Gangguan tidur kerja shift terkait dengan jet lag. Mengubah waktu kerja dari shift siang hari menjadi shift malam mengarah pada ketidakselarasan jam internal dengan jadwal kerja-tidur yang diinginkan, dengan konsekuensi yang pada dasarnya sama dengan perubahan zona waktu. Namun, sementara semua orang akhirnya beradaptasi dengan zona waktu baru asalkan mereka tinggal di sana cukup lama, beberapa pekerja shift mengalami masalah tidur setiap kali mereka beralih ke kerja malam.

Bagaimana perawatan jet lag?

Kebanyakan orang tidak memerlukan perawatan untuk jet lag dan tubuh mereka secara alami beradaptasi setelah periode singkat di zona waktu yang baru.

Dimungkinkan untuk meningkatkan laju adaptasi jam tubuh ke zona waktu baru menggunakan paparan waktu khusus untuk cahaya terang dan / atau perawatan khusus dengan hormon melatonin. Pada saat yang sama, penting untuk mengubah perilaku, seperti makan dan tidur, untuk bertepatan dengan zona waktu yang baru. Setelah jam internal diadaptasi, masalah jet lag teratasi.

Paparan cahaya terang tepat waktu, sebelum terbang dan untuk tiga hingga empat hari pertama setelah penerbangan, harus memulai dan mempercepat penyesuaian jam waktu internal ke lokasi baru. Untuk perjalanan ke barat, yang terbaik adalah memastikan paparan cahaya di malam hari dan penghindaran di pagi hari di zona waktu keberangkatan. Untuk perjalanan ke arah timur, paparan di pagi hari atau penghindaran di malam hari dari zona waktu keberangkatan adalah yang terbaik. Namun, tidak ada pedoman yang disepakati tentang dosis, jenis, kekuatan atau lama paparan cahaya.

Apa implikasi jangka panjang dari jet lag?

Ada kemungkinan bahwa paparan jangka panjang terhadap perubahan zona waktu yang sering pada akhirnya dapat menyebabkan peningkatan risiko beberapa penyakit, tetapi ada sedikit bukti dan tidak ada kesepakatan nyata mengenai risiko tersebut.

sumber :

https://www.mayoclinic.org

https://www.healthline.com

https://www.yourhormones.info

sumber gambar

https://brilicious.brilio.ne

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*